Senin, 08 Januari 2018

5 Cara Membuat Peforma Mesin Motor Lebih Baik

Tidak pernah merasa cukup sepertinya merupakan kodrat insan yang begitu terlihat. Dalam berkendara motor juga kita kerap kali tidak puas dengan peforma standar bawaan pabrik. Para pengendara motor selalu mendambakan peforma mesin motor yang lebih baik dan selalu mencarai cara menciptakan peforma motor lebih baik lagi. Tidak ada yang salah dalam cita-cita ini selam kita selalu memperhatikan keamanan dan kenyamanan berkendara. Karena dikala berkendara motor kita tidak hanya sebagai pelaku tunggal di jalan raya, masih ada pengguna jalan raya lain yang harus kita perhatikan kenyamanan dan keamanannya. Pada kesempatan ini saya mencoba mengupas mengenai bagaimana cara menciptakan peforma mesin motor lebih baik.

Tidak pernah merasa cukup sepertinya merupakan kodrat insan yang begitu terlihat 5 Cara Membuat Peforma Mesin Motor Lebih Baik

1. Menambah kapasitas mesin.
Semakin besar kapasitas mesin berarti semakin lebih bertenaga, bukan berarti kapasitas mesin yang kecil tidak bisa melaju kencang. Hasil bore up gila-gilaan saja terkadang masih kalah engan mesin kapasitas kecil. Mengesampingkan semua itu untuk motor dengan penggunaan harian meningkatkan kapasitas mesin menjadi lebih besar dari bawaan pabrik akan memperbaiki peforma mesin motor. Hal ini disebabkan mesin kau mapu memperoleh lebih banyak debit gas yang terbakar dalam setiap putaran mesin. Adaa dua cara yang sanggup anda lakukan yatu melesakan piston dengan diameter lebih besar atau memanjangkan langkah ayun piston dengan menggeser big end lebih maju atau mengganti dengn pen stroker aftermarket yang banyak dijual di pasaran.

2. Meningkatkan rasio.
Rasio kompresi yang lebih tinggi sedikit banyak niscaya memproduksi tenaga yang lebih.hal ini merupakan adegan penting dalam cara menciptakan peforma mesin motor lebih baik. Semakin anda padatkan adonan udara berbanding materi bakar maka semakin cepat adonan ini menyembur menjadi api secara sepontan namun harus diikuti dengan tingkat oktan materi bakar yang pas untuk mencegah pembakaran dini. Cara yang sanggup anda lakukan ialah dengan cara memapas kop atau silinder head, blok, meninggikan dome piston, atau mempersempit kubah ruang pembakaran.

3. Mempermudah udara mengalir masuk.
Saat piston bergerak mundur atau turun pada langkah hisap, kendala udara yang ada sanggup mmengurangi kantong-kantong tenaga padaa mesin. Hambatan udara ini sanggup dikurangi dengan cara memodifikasi padaa jalan masuk pemasukan silinder ( porting). Selain memperbesar volumnya juga harus memperhatikan geometri porting semoga lebih terarah dan pedoman udara menjadi lembut. Teknik lain yang boleh anda coba ialah dengan konfigurasi multi klep masuk atau menempatkan 2 klep masuk pada sebuah silinder.

4. Melepaskan gas buang secara bebas.
Jika terdapat kendala untuk membuang gas dari silinder ini akan mengurangi tenaga mesin. Untuk mengatasi problem ini salah satunya dengan menggunakan knalpor fre flow. Selain itu dengan memperbesar head yang menggunakan 2 klep buang secara cepat akan bisa melepaskan gas sisa pembakaran dari dalam silinder

5. Memperingan komponen.
Komponen yang lebih ringan menyebabkan mesin bekerja lebih baik karna bisa mengurangi beban mesin. Setiap piston berubah arah niscaya memerlukan energi untuk berhenti dan memulai ke arah yang lain. Bobot piston yang lebih ringan akanmengurangi penggunaan energy ini. Selain itu akan mengurangi beban gesekan, dan beban rotasi. Semua ini yang disebut efisiensi mekanis.

Baca Juga :


Demikian cara menciptakan peforma mesin motor lebih baik dari sebelumnya. Tidak ada salahnya anda mencoba untuk kepentingan kepuasan hati anda dalam mendambakan peforma mesin motor yang lebih baik.
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: