Rabu, 17 Januari 2018

Cara Merawat Aki Mobil

Aki pada kendaraan beroda empat termasuk komponen mesin yang tidak bisa diremehkan. Karena saat satu komponen ini bermasalah akan menciptakan kendaraan beroda empat bisa menimbulkan duduk kasus penting. Aki kendaraan beroda empat punya peranan sebagi sumber listrik yang menyupai energi ke beberapa komponen listrik menyerupai lampu, AC, klakson, ataupun system video. Sehingga sangat penting untuk merawat aki mobil. Aki memiliki dua jenis tripikal yaitu ada aki lembap dan kering. Perlu adanya perawatan ekstra untuk aki basah. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk melaksanakan perawatan pada aki mobil. Hanya diharapkan ketelatenan dan kontinyu.

Aki pada kendaraan beroda empat termasuk komponen mesin yang tidak bisa diremehkan Cara Merawat Aki Mobil

Merawat aki mobil berfungsi untuk memperpanjang umur aki, selain itu bisa menghemat banyak biaya dan juga bisa menciptakan aki bisa bekerja secara maksimal. Berikut beberapa langkah untuk bisa merawat aki  :

  1. Melakukan penge-checkan untuk beban penggunaan aki secara berkala. Hal ini bisa dilakuakn setiap sebulan sekali. Pengecekan bisa dilakukan di bengkel, untuk mengetahui apakah aki masih bisa menyuplai listrik untuk komponen kendaraan beroda empat lainnya secara cukup atau tidak. 
  2. Membersihkan aki kendaraan beroda empat secara rutin, alasannya yaitu tidak jarang kalau terminal aki terkena kotoran dan debu. Efek negatif kalau hal ini dibiarkan akan menghambat arus ke banyak sekali komponen. Aki  bisa dibersihkan dengan baking soda yang diencerkan kemudian sikat bab terminal dengan sikat kawat atau plastik. 
  3. Kecangkan kabel aki, kabel aki yang tidak teikat dengan baik bisa menggangu supai listrik ke komponen lainnya. 
  4. Periksa cairan elektrolit secara berkala. Hindari batas low, kalau sudah begitu lakukan penambahan.
  5. Aki kendaraan beroda empat bisa bertahan selama 4 hingga 5 tahun. Sehingga lakukan penggantian aki kalau sudah mendekati masanya. Gunakan aki yang spesifikasinya sama degan yang lama, sehingga gampang dipasang. 
Merawat aki mobil  bisa dilakukan juga dengan memanaskan kendaraan beroda empat secara rutin, walaupun kendaraan beroda empat jarang dipakai. Karena kalau kendaraan beroda empat jarang dipanaskan hal itu bisa menciptakan usia aki kendaraan beroda empat tidak bertahan lama. Selain itu hindari juga penchargeran(menyetrum) aki terlalu lama, alasannya yaitu bisa menciptakan komponen yang ada di dalamnya mengalami kerusakan.
Previous Post
Next Post
Related Posts

0 komentar: